Jumat, 02 November 2012

Tips Merawat Rambut Pria

Rambut pria dan Rambut wanita memiliki dasar yang sama, yaitu protein dan keratin tanpa supply aliran darah (nervous system). Satu hal penting yang harus diketahui bahwa rambut tidak memiliki kualitas reparative.

Repatrative artinya Rambut tidak benar-benar hidup,  oleh karena itu rambut tidak dapat sehat dengan sendirinya. Sehingga pernyataan tersebut menjawab jika rambut mengalami kerusakan maka satu-satunyanya jalan untuk memperbaikinya adalah dengan cara memotong rambut tersebut.


Semua jenis rambut dari rambut pria sangat butuh perawatan untuk menjaga kekuatannya, elastisitasnya, dan kemilaunya. Memang rambut pria lebih pendek dibandingkan dengan rambut wanita namun pendek bukan berarti tidak ada perawatan dan berikut terdapat beberapa tips untuk perawatan rambut pria.

Saat Pengeringan
Handuk kering adalah satu dari masalah terbesar kerusakan untuk rambut pria. Saat rambut dalam keadaan basah dan digosokan dengan handuk untuk pengeringan setelah keramas , rambut tersebut mudah terkena kerusakan, karena beberapa rambut akan mengalami kekusutan akibat permukaan handuk. Permukaan handuk juga dapat mengikis kulit kepala. Proses pengeringan seperti ini akan berdampak kepada rambut kering dan bercabang.

Maka gunakanlah handuk kering dengan benar, lapkan handuk secara perlahan mengikuti kemana rambut anda tumbuh, dari pada menggosokannya dengan arah yang tidak beraturan. Cara seperti akan sedikit memakan waktu, namun anda akan melihat perbedaan untuk penampilan rambut anda.

Hindari Blow Drying (Hair Dryer), karena hal tersebut adalah penyebab umum kerusakan rambut. Penggunaan Blow drying (hair dryer) yang berlebihan dapat membuat kering kulit kepala dan juga rambut anda.

Apabila anda harus menggunakan blow dryer (saat keadaan terpaksa) gunakan terlebih dahulu thermal styling spray untuk menjaga rambut anda dari kerusakan, dan juga gunakan sisir yang jarang-jarang (tidak kerap) untuk mengatur rambut anda, dan selalu matikan blow drying saat rambut anda masih dalam keadaan lembab untuk menjaga dari keringnya rambut.

Air Dingin Lebih Baik
Tentunya sangatlah nyaman mengguyur kepala dengan air hangat, apalagi sehabis beraktivitas seharian di luar. Namun apakah anda tahu jika air bilasan rambut anda terlalu hangat maka akan menimbulkan kerusakan pada rambut dan kulit kepala. Air yang terlalu hangat akan banyak menggerus essential oil dari rambut dan kulit kapal, tergerusnya essential oil menjadi awal penyebab rambut kering. Sehingga air dingin selalu jadi pilihan terbaik untuk membilas rambut.

Hindari Produk “Kimia”
Pewarnaan rambut dapat meninggalkan dampak buruk bagi rambut, akan menimbulkan kekeringan dan juga rambut tidak bersinar (shinny).
Jika anda ingin mengaplikasikan rambut anda lebih lanjut, jangan dulu sok tahu dan mempraktekannya sendiri dirumah, pergilah ke salon profesional, ingat harus yang proffesional. Biasanya salon profesional akan tetap memprioritaskan kenaturalan rambut anda, dan jika harus memakai  produk, produk itulah yang cocok dengan tipe rambut anda.

Gunakan Shampoo dan Conditioner yang tepat
Rambut pria juga perlu menggunakan shampoo dan conditioner yang tepat. Penggunaan shampoo dan conditioner akan membantu membersihkan rambut anda, menambah kelembaban dan elastisitas rambut, serta memperhalus rambut dan kulit kepala untuk mendapatkan rambut bersinar.

Gunakan Juga Peralatan yang Tepat
Jangan gunakan sisir pada rambut yang basah, tunggu dulu sampai rambut lembab barulah gunakan sisir. Dan gunakanlah sisir yang tidak kerap/sisir jarang-jarang. Dan hindari penggunaan blow dryer atau catokan rambut yang dapat membuat rambut kering (seperti yang telah dijelaskan sebelumnya).

Jaga kesehatan
Kondisi rambut seringkali berbanding lurus dengan kondisi kesehatan tubuh. Maka dari itu, makanlah makanan yang sehat, konsumsi buah dan sayur, olahraga teratur, jangan kekurangan minum, tidur cukup, dan kurangin stress. Pola hidup yang sehat akan berpengaruh juga pada kesehatan kulit kepala dan rambut anda.

Hindari pemakaian Topi yang Ketat
Pemakaian topi yang ketat dapat menimbulakn triaction alopecia, kondisi dimana rambut dapat terangkat dari kulit kepala. Jika digunakan dalam jangka waktu yang lama, dampaknya dapat terjadi permanen. Memakai topi yang ketat juga dapa dampak kerusakan pada kulit kepala.

Rajin-Rajin Memotong
Menjaga kerajinan memotong rambut akan mencegah rambut menjadi bercabang. Walaupun anda ingin memanjangkan rambut anda, tetaplah potong ujung-ujung rambut anda setidaknya 6 minggu sekali.

Kurangi Kekeringan
Kekurangan moisture dan protein akan menyebabkan rambut tampak kusut dan kering. Untuk meminimalisi problem ini, gunakan moisturizing conditioner yang cocok untuk rambut anda. Sekali-kali anda dapat memberikan serum rambut untuk menghasilkan rambut yang tampak berkilau dan terjaga kelembutannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar